TUGAS
5
KESIMPULAN
HASIL DISKUSI KELOMPOK 2
MENAJEMEN
KELAS DI SD
KOMPONEN-KOMPONEN
KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS

Oleh :
Reni
Amrita
1620197
DOSEN
PEMBIMBING:
Yessi
Rifmasari, M.Pd
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
ADZKIA PADANG
2019
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar
bebalakang
Menurut
(Usman, 2013) pengelola kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan
memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikanyya bila terjadi
gangguan dalam proses belajar-mengajar. Dengan kata lain
keegiatan-kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal
bagi terjadinya proses belajar mengajar. Yang termasuk kedalam hal ini misalnya
penghentian tingkah laku siswa yang menyelewengkan perhatian kelas, pemberian
ganjaran bagi ketepatan waktu penyelesaian tugas oleh siswa, atau penetapan
normal kelompok yang produktif
Suatu
kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur siswa dan
sarana pengajaran serta mengendalikanya dalam suasana yang menyenangkan untuk
mencapai tujuan pengajaran. Juga hubungan interpersonal yang baik antara guru
dangan siswa dan siswa dengan siswa merupakan syarat keberhasilan pengelolaan
kelas.
B. Rumusan Masalah
1.
Apa pengertian komponen keterampilan manajemen kelas?
2.
Jelaskanlah macam-macam komponen keterampilan
manajemen kelas?
3.
Bagaimanakah permasalahan dalam komponen keterampilan
manajemen kelas?
C. Tujuan Masalah
1.
Memahami pengertian komponen keterampilan manajemen
kelas
2.
Memahami macam-macam komponen keterampilan manajemen
kelas
3.
Mengetahui permasalahan dalam komponen keterampilan
manajemen kelas
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian komponen keterampilan
manajemen kelas
Menurut
(Usman, 2013) pengelola kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara
kondisi belajar yang optimal dan mengembalikanyya bila terjadi gangguan
dalam proses belajar-mengajar. Dengan kata lain keegiatan-kegiatan untuk
menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses
belajar mengajar. Yang termasuk kedalam hal ini misalnya penghentian tingkah
laku siswa yang menyelewengkan perhatian kelas, pemberian ganjaran bagi
ketepatan waktu penyelesaian tugas oleh siswa, atau penetapan normal kelompok
yang produktif
Suatu
kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur siswa dan
sarana pengajaran serta mengendalikanya dalam suasana yang menyenangkan untuk
mencapai tujuan pengajaran. Juga hubungan interpersonal yang baik antara guru
dangan siswa dan siswa dengan siswa merupakan syarat keberhasilan pengelolaan
kelas.
Pengelolaan
kelas secara umum adalah penciptaan kondisi yang memungkinkan pengelolaan
pembelajaran dapat berlangsung secara optimal. Sedangkan pengertian pengelolaan
kelas (classroom management) berdasarkan pendekatannya menurut weber (1977)
diklasifikasikan menjadi, tiga, yaitu:
1. Berdasarkan pendekatan otoriter
(authority approach), pengelolaan kelas adalah kegiatan guru untuk mengontrol
tingkah laku siswa. Guru berperan menciptakan dan memelihara aturan kelas
melalui penerapan disiplin secara ketat. Otoritas guru tidak sepenuhnya, guru
memang mempunyai hak kekuasaan, namun ada pemegang kekuasaan di atas guru
misalnya kepala sekolah, dan lain-lain.
2. Berdasarkan pendekatan permisif
(permissive approach), pengelolaan kelas adalah upaya yang dilakukan oleh guru
untuk memberi kebebasan kepada siswa dalam melakukan berbagai aktifitas sesuai
dengan apa yang mereka inginkan. Fungsi guru adalah menciptakan kondisi siswa
agar merasa aman untuk melakukan aktifitas di dalam kelas.
3. Berdasarkan pendekatan modifikasi
tingkah laku, pengelolaan kelas adalah upaya untuk mengembangkan dan
memfasilitasi perubahan perilaku yang bersifat positif dari siswa dan berusaha
semaksimal mungkin mencegah munculnya atau memperbaiki perilaku negatif yang
dilakukan oleh siswa.
Kemampuan :
1. Mengendalikan
2. Menyelenggara
3. Mengurus
4. Menjalankan
5. Mengelola
B. Macam-Macam Komponen Keterampilan Manajemen Kelas
Komponen-komponen keterampilan pengelolaan kelas pada umumnya dibagi dua
bagian menurut syaiful dramarah (2005:150)yakni:
1. Keterampilan yang berhubungan
dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal (bersifat
prevetif).
a) Sikap
tanggap. Yaitu Memandang Secara
Seksama, Gerak Mendekati, Memberi Pernyataan, memberi Reaksi Terhadap Gangguan
/ Kekacauan. Sikap tanggap ini bisa dilakukan dengan cara:
1) Memandang
secara seksama
2) Gerak
mendekati
3) Memberi
pernyataan
b) Membagi perhatian. Yaitu:
1) Visual guru mengalihkan pandangan dari suatu
kegiatan yang lain dengan kontak pandang terhadap kelompok siswa sementara guru
memimpin kegiatan siswa yang lain.
2) Verbal guru dapat memberikan komentar, penjelasan,
pernyataan dan lain-lain terhadappp aktivitas seorang siswa sementara guru
memimpin kegiatan siswa yang lain.
c)
Pemusatan
perhatian kelompok yaitu Menyiapkan Siswa, Tanggung jawab Siswa, Pengarahan
Atau Petunjuk Yang Jelas, Teguran, Penguatan, Kelancaran / Kemajuan.
2. Keterampilan yang berhubungan
dengan pengendalian kondisi belajar yang optimal.
a) Memodifikasi Tingkah Laku
b) Pengelolaan
kelompok
c) Menemukan & Memecahkan Tingkah Laku Yang
Menimbulkan Masalah
C.
Permasalahan dalam komponen keterampilan
manajemen kelas
1) Masalah
individu
Masalah individu muncul karena dalam indivi ada
kebutuhan yang ingin diterima oleh kelompok dan ingin mencapai harga diri.
2) Masalah
kelompok
Adapun masalah kelompok dalam pengelolaan kelas
menurut Johnson dan bany, yakni:
a) Kurangnya
kesatuan
b) Ketidak
taatan terhadap standar tindakan dan prosedur kerja.
c) Reaksi
negative terhadap pribadi anggota kelas
d) Pengakuan
kelas terhadap kelakuan guru
e) Kecendrungan
adanya ganguan
f) Semangat
juang yang rendah dan adanya sikap permusuhan
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Menurut (Usman, 2013) pengelola
kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar
yang optimal dan mengembalikanyya bila terjadi gangguan dalam proses
belajar-mengajar. Dengan kata lain keegiatan-kegiatan untuk menciptakan dan
mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar mengajar.
Yang termasuk kedalam hal ini misalnya penghentian tingkah laku siswa yang
menyelewengkan perhatian kelas, pemberian ganjaran bagi ketepatan waktu
penyelesaian tugas oleh siswa, atau penetapan normal kelompok yang produktif
Suatu
kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur siswa dan
sarana pengajaran serta mengendalikanya dalam suasana yang menyenangkan untuk
mencapai tujuan pengajaran. Juga hubungan interpersonal yang baik antara guru
dangan siswa dan siswa dengan siswa merupakan syarat keberhasilan pengelolaan
kelas.
B. Saran
Demikianlah tugas penyusunan makalah ini kami persembahkan.
Tulisan ini dibuat sebagai wadah untuk menambah wawasan tentang komponen-komponen
keterampilan Manajemen Kelas. Tulisan ini diharapkan menjadi salah satu yang
dapat membantu untuk menanamkan pemahaman tentang komponen-komponen
keterampilan Manajemen Kelas.
Kritik dan saran
sangat kami harapkan dari para pembaca, khususnya dari dosen mata kuliah yang
telah membimbing kami dan para mahasiswa demi kesempurnaan makalah ini. Apabila
ada kekurangan dalam penyusunan makalah ini, kami mohon maaf yang
sebesar-besarnya.
DAFTAR RUJUKAN
Djamarah,
Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu
Pendekatan Teoritis psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Majid,
Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetisi Guuru .
Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Sangat bermanfaat, terimakasih
BalasHapusAlhamdulillah
HapusTerimakasih kak, sngat bermanfaat .
BalasHapusAlhamdulillah
HapusTerimakasih kak, sngat bermanfaat .
BalasHapusAlhamdulillah. Sama2
HapusArtikel ini sudah bagus, alangkah lebih bagus lgi jika penulisannya lebih dirapikan lagi,
BalasHapusTerimakasih kak. Sarannya
HapusArtikel nya bgus dan bermanfaat
BalasHapusAlhamdulillah
HapusBermanfaat sekali untuk saya kaka.
BalasHapusIya alhamdulillah dede. Semoga membantu
HapusKeterampilan keterampilan seperti apa yg bisa menarik perhatian siswa?
BalasHapusKeterampilan bertanya, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan penguatan, keterampilan menjelaskan dan lain sebagainya
HapusKeterampilan menyikapi anak didik dengan baik, tanggap tidak mengacuhkan anak didik satu orang pun. Dan keterampilan dalam menarik perhatian siswa sehingga fokus ke pembelajaran.
BalasHapusMaterinya bagus, dan bermanfaat bagi pendidik dan jugaaa peserta didiknya
BalasHapusMakasih kak
HapusMaterinya sangat bagus dan bermanfaat sekali
BalasHapusAlhamdulillah kak
HapusApa saja yang harus dilakukan guru sehingga dapat mengambil perhatian siswa sehingga dapat fokus dalam pembelajaran
BalasHapusGuru haru pandai dalam berbicara dan memberi hal hal baru, yang dapat meningkatkan penasaran siswa sehingga siswa menjadi lebih memperhatikan dalam pembelajaran
HapusMaterinya sangat bermamfaat
BalasHapusSudah bermanfaat. Tapi sebagusnya di dalam sebuah pengutipan di masukkan ke dalam penulisannyaa
BalasHapusIya terimakasih untuk solusinya
HapusSngat mmbantu
BalasHapusSangat bermanfaat
BalasHapusAlhamdulillah
HapusSangat bermanfaat
BalasHapusIya semoga dapat membantu
HapusBagaimana cara guru mengelola kelas dengan baik?
BalasHapusbagaimanakah cara menajemen kelas yg benar?
BalasHapusMateri ny bagus
BalasHapus